Home / Berita / Polisi Kembali Ringkus Dua Joki CPNS di Makassar

Polisi Kembali Ringkus Dua Joki CPNS di Makassar

Polrestabesmakassar.com –  Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono melakukan konferensi pers penangkapan dua tersangka kasus joki CPNS, Kamis (08/11/2018). Bertempat di Media Center Mapolrestabes Makassar, dua tersangka dihadirkan, yakni MR (33), seorang wiraswasta dan AS (30), seorang PNS.

Dari keterangan Kombes Pol Dicky Sondani, bahwa keduanya memiliki peran mencetak kartu identitas palsu yang digunakan para joki untuk menggatikan peserta yang sesungguhnya.

“Para joki masuk ke dalam ruangan menggunakan identitas palsu yang dibuat dua tersangka tersebut, seolah-olah peserta ujian, tapi saat diverifikasi beda,” jelas Kombes Pol Dicky Sondani, Kamis (08/11/2018).

Disebutkan pula bahwa, terbongkarnya sindikat joki CPNS ini sebab dilibatkannya pihak kepolisian dalam pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS.

“Sejak Menpan RB yang baru, dia melibatkan Polri dalam pelaksanaan tahun ini, karena tahun-tahun sebelumnya cuma melibatkan PNS yang ada dilingkup instansi masing-masing. Dan kita berhasil membongkar sindikat joki CPNS ini,” sebut Kombes Pol Dicky Sondani.

Dengam tertangkapnya dua orang lagi, total sudah ada 8 orang yang ditangkap lantaran terlibat dalam sindikat joki CPNS. 6 orang sebelumnya adalah AL, HW, MT, AP yang merupakan joki, dr. WD yang merupakan broker, serta MD, peserta CPNS yang menggunakan joki.

Ditambahkan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono, kedua tersangka tersebut ditangkap di tempat dan hari yang berbeda.

“MR ditangkap di daerah Biringkanaya, pada Selasa (06/11/2018) sementara AS ditangkap di sekitar Bontoala pada Rabu (07/11/2018),” sebut Kompol Wirdhanto Hadicaksono.

Selain itu, pihak kepolisian masih memburu 7 tersangka lainnya. Para tersangka pun dijerat dengan pasal pasal 236 ayat 1 dan 2 juncto pasal 55 KUHP terkait pemalsuan surat dan penggunaan surat palsu dan turut serta melakukan kejahatan dengan ancaman kurungan paling lama 6 tahun.

 

About Humas

Check Also

Isap Rokok Tembakau Gorilla, 3 Remaja ditangkap Polisi

Polrestabesmakassar.com –Tim Opsnal Polsek Ujung Pandang dipimpin Kanit Reskrim AKP Abd. Rahman pukul 23.30 wita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.