Home / Berita / Konferensi Pers, Polrestabes Makassar Amankan Ribuan Kosmetik Ilegal

Konferensi Pers, Polrestabes Makassar Amankan Ribuan Kosmetik Ilegal

Polrestabes Makassar.com- Polrestabes Makassar melaksanakan Konferensi pers terkait  peredaran Kosmetik Ilegal, Rabu (13/09/2019).

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Wahyu Dwi Ariwibowo, SIK, didampingi Balai BPOM Kota Makassar Kepala Bidang Penindakan Sriyani Rasyid, S.Si serta Kasat Narkoba Polrestabes Makassar AKBP Diari Astetika dalam konfenfensi pers mengatakan ada ribuan botol home industri Kosmetik Ilegal yang kami amankan tepatnya Rumah Kost di Jalan Toa Daeng 3 Lorong 10 No. 5A Kota Makassar.

“Ribuan Obat yang di produksi tersebut tidak mempunyai izin seperti obat pelangsing dan pemutih sedangkan bahan baku yang digunakan berupa jelly maupun balsem”,ungkapnya.

Tiga Pelaku kami amankan masing – masing lelaki AR (18), lelaki NS (25)  dan seorang perempuan berinisial AS (20) ketiganya merupakan warga Toa Daeng Kota Makassar.

Ketiga pelaku menjalankan kosmetik illegal sudah tiga bulan terakhir dan pelaku mempunyai peran berbeda lelaki AR sebagai pendistribusi atau menyalurkan barang tersebut sedangkan NS dan perempuan AS sebagai pembuat atau peracik.

Barang kosmetik atau obat tersebut merek jual di tiga Provinsi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah baik lewat media sosial maupun Konvensional, terangnya.

Kepala Penindakan Balai POM juga menambahkan produk yang tidak memiliki izin edar dari balai POM, balai POM tidak akan menjamin keamanan, manfaat dan mutuhnya, dampak buruk bagi kesehatan dari Kosmetik banyak mengandung raksa, merkuri retinoat itu yang banyak didapatkan dalam kosmetik sehingga bisa berbahaya karena mengakibatkan kanker.

Pelaku dikenakan Pasal 196 atau 197 Jo Pasal 55,56 KUHP, UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pidana penjara paling lama 15 Tahun.

About lerry

Check Also

Curi HP Temannya, Seorang Anak Dibawah Umur Diringkus

Polrestabesmakassar.com- Tim Opsnal Polsek Mamajang yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Syamsuddin Hehanussa berhasil meringkus pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.