Thursday, 19 September 2019
Home / Berita / Apel Konsolidasi Ops Ketupat 2019 Dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu Di Wilayah Sulsel

Apel Konsolidasi Ops Ketupat 2019 Dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu Di Wilayah Sulsel

Polrestabesmakassar.com- Polda Sulawesi Selatan mengakhiri kegiatan Operasi Ketupat 2019, dengan dilaksanakannya Apel Konsolidasi Sinergitas Operasi Ketupat Dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Di Wilayah Sulawesi Selatan, Bertempat di Lapangan Karebosi Makassar. Kamis (13/06/2019).

Selaku Inspektur Apel Kasdam XIV Hasanuddin Brigadir Jenderal TNI Budi Sulistijono didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Drs. Adnas.

Hadir dalam Apel, Pejabat Utama Kodam XIV Hasanuddin dan Polda Sulsel , Kapolrestabes Makassar, Kapolres Pelabuhan serta personil  TNI  – Polri dan instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan Ops Ketupat 2019.

Dalam Apel tersebut Kasdam XIV Hasanuddin menyampaikan Operasi Ketupat Tahun 2019 yang telah di gelar selama 13 hari , mulai Rabu 29 Mei 2019 sampai dengan hari senin 10 Juni 2019, telah sesuai dengan target yang telah direncanakan dan berjalan dengan tertib aman dan lancar.

Operasi Ketupat Tahun ini melibatkan 5.035 personil terdiri dari pers TNI 483 orang, Satgas Polda Sulsel544 orang, Polres Jajaran Polda Sulsel 2.118 orang dan instansi terkait 1.953 orang. Adapun gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 mengalami penurunan sebanyak 38 kasus atau 23% jika dibandingkan dengan Ops Ketupat Tahun 2018.

Sedangkan kasus kecelakaan Lalu Lintas selama OPS Ketupat 2019 mengalami penurunan sebanyak 112 kasus atau 72% dari Tahun sebelumnya. Analisa dan evaluasi penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik, koordinasi dan kerja sama serta sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat 2019 mendapat apresiasi positif dari brbagai pihak.

 

Ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel konsolidasi ini pertama, Apel gelar konsolidasi diselenggarakan untuk mengecek kembali personil, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kedua, Apel konsolidasi diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan unsure pengamanan dalam menghadapi tugas kedepan dalam rangka kesiapan sidang perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang di gelar pada tanggal 14 Juni 2019.

Sebelum mengakhiri, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2019 teriring doa semoga perjuangan dan pengabdian yang saudara wujudkan dalam pengamanan Hari Rya Idul Fitri Tahun 2019, menjadi catatan amal Ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

About lerry

Check Also

Polrestabes Makassar Olah TKP Kebakaran TPA Antang

Polrestabesmakassar.com – Satuan Reskrim Polrestabes Makassar melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) kebakaran yang terjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *